Minggu, 30 Mei 2010

Tinjauan Tentang Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar merupakan mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai, tentang suatu kebudayaan, serta tentang berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Ilmu Budaya Dasar merupakan suatu ilmu penunjang bagi seorang mahasiswa. Karena Ilmu Budaya Dasar mempelajari tentang bagaimana sikap yang seharusnya kita lakukan ketika kita sedang berhadapan dengan kebudyaan yang ada di sekitar kita.

Ilmu Budaya Dasar adalah suatu ilmu yang diharapkan dapat membantu serta memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep antara manusia dengan kebudayaan. Dan mempunyai tujuan untuk mengarahkan manusia menjadi manusia yang berbudaya.

Menurut jenis ilmunya, Ilmu Budaya Dasar termasuk ilmu sosial. llmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara suatu manusia dengan manusia yang lainnya.

Tujuan dari Ilmu Budaya dasar adalah tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Seperti ilmu pengetahuan lainnya, Ilmu Budaya Dasar juga memiliki permasalahan pokok dan ruang lingkup. Permasalahan pokok dari Ilmu Budaya Dasar terdiri dari berbagai aspek kehidupan. Dan ruang lingkupnya terdiri atas hakekat manusia yang satu atau universal akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.

Pokok-pokok bahasan yang ditinjau pada Ilmu Budaya Dasar, antara lain:

1. Manusia dan cinta kasih
2. Manusia dan keindahan
3. Manusia dan penderitaan
4. Manusia dan keadilan
5. Manusia dan pandangan hidup
6. Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
7. Manusia dan kegelisahan
8. Manusia dan harapan

Pokok bahasan tersebut dibahas melalui pendekatan-pendekatan yang berbeda. Disesuaikan dengan kondisi dan keadaan kebudayaan masyarakat yang ada pada saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar