Selasa, 25 Mei 2010

Manusia dan Penderitaan

Penderitaan memang merupakan hal yang amat tidak menyenangkan bagi setiap manusia. Penderitaan merupakan hal yang tidak menyenangkan, sehingga memang merupakan suatu hal yang wajar apabila setiap manusia tidak ingin mengalami penderitaan.

Namun dari semua keburukan tentang penderitaan, dapat diambil hikmah yang terdapat dari suatu penderitaan, penderitaan bisa juga menjadi sebagai titik balik suatu manusia agar dapat menjadi manusia yang lebih baik.

Tingkatan pada penderitaan juga berbeda-beda, ada penderitaan tingkat rendah, menengah, maupun penderitaan tingkat tinggi. Dan berdasarkan penyebabnya penderitaan juga dibagi menjadi :

1. Penderitaan yang timbul karena perbuatan manusia
Penderitaan ini muncul akibat perbuatan dari sesama manusia, dapat berupa tekanan dari manusia lain, hinaan, dan bentuk penderitaan lain yang penyebabnya berasal dari manusia lainnya

2. Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan / azab Tuhan
Penderitaan ini merupakan penderitaan yang penyebabnya selain dari manusia. Penderitaan disini dapat bersal dari suatu penyakit, dapat juga merupakan ujian atau cobaan yang datangnya berasal dari Tuhan.

Pengaruh dari penderitaan memang bermacam-macam. penderitaan dapat menjadi sebuah beban yang amat berat apabila manusia tersebut tidak dapat mengatasinya. Penderitaan dapat juga menjadi sebuah momen kebangkitan atau titik balik bagi manusia yang dapat mengatasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar