Minggu, 30 Mei 2010

Manusia dan Cinta Kasih

Cinta merupakan sebuah kata yang bersifat abstrak, mempunyai berbagai macam makna yang berbeda, serta sulit dijelaskan dengan kata-kata. Menurut beberapa orang, cinta itu adalah perasaan suka atau perasaan sayang kepada seseorang ataupun suatu benda.

Sedangkan pengertian kasih menurut beberapa orang adalah perasaan sayang atau cinta. Jadi pengertian antara cinta dan kasih tidaklah jauh berbeda, hanya sedikit perbedaan diantara keduanya. Oleh karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka/sayang kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasih.

Cinta kasih merupakan perasaan yang harus dimiliki oleh setiap insan manusia, karena cinta kasih merupakann sikap yang bisa menjaga erat tali silaturahmi setiap insan manusia. Cinta kasih merupakan sikap yang sangat luas. Namun pada saat ini, banyak orang yang beranggapan bahwa cinta kasih itu hanya merupakan sikap antara dua orang kekasih. Sebenarnya, cinta kasih merupakan sikap yang universal, tidak hanya terpaku kepada dua orang kekasih. Contohnya adalah cinta kasih antara anggota keluarga, antara teman, antara tetangga, antara guru dengan muridnya, dan sebagainya.

Sudah merupakan sifatnya bahwa setiap insan manusia membutuhkan cinta dan kasih sayang dari manusia lainnya. Dengan adanya cinta kasih, manusia menjadi semakin harmonis dengan manusia lainnya. Tanpa adanya rasa cinta dan kasih sayang, seorang manusia dapat menjadi manusia yang ganas ataupun liar seperti hewan. Karena tanpa adanya rasa cinta dan kasih sayang, manusia tersebut tidak akan pernah mersakan bagaimana hangatnya rasa cinta dan kasih sayang dari manusia lainnya, sehingga mausia tersebut menjadi tidak menghargai manusia lainnya, hanya ada perasaan benci.

Kesimpulannya adalah bahwa setiap insan manusia di bumi ini membutuhkan rasa cinta dan kasih sayang dari manusia lainnya. Jadi sudah sewajarnya pada kehidupan ini kita harus menebarkan rasa cinta dan kasih sayang kepada manusia lainnya. Apakah itu berbentuk rasa kasih sayang sebagai suami-istri, sebagai anggota keluarga, sebagai teman/sahabat, dan yang lainnya. Tetapi ada satu rasa cinta dan kasih sayang yang tidak usah diragukan lagi dan lamanya sepanjang masa, yaitu kasih sayang seorang ibu kepada anaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar