Senin, 11 April 2011

Wikileaks

Apa itu Wikileaks?



Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006. Saat ini alamat situs telah dialihkan ke www.wikileaks.ch untuk alasan keamanan.

WikiLeaks didirikan oleh seorang wartawan asal Australia yang juga aktivis yang aktif di Internet, beberapa media menyebutkan Julian Assange merupakan hacker. Mantan hacker ini mengaku sangat suka mengembangkan sistem yang besar dan membuat repot para penguasa.

Tahun lalu Assange menerima penghargaan media dari organisasi Amnesty International. Sementara, majalah berita The Economist menganugerahi kepala redaksi WikiLeaks dengan penghargaan “Index on Censorship".

WikiLeaks secara resmi beroperasi di bawah organisasi yang diberi nama Sunshine Press dan mengaku mendapat dana dari para pegiat hak asasi manusia, wartawan investigatif, ahli teknologi, dan khalayak umum.

Setiap orang boleh mengirimkan informasi ke Wikileaks tanpa harus menyebutkan nama, namun ada sebuah tim -yang terdiri dari para sukarelawan berupa wartawan dan staf Wikileaks sendiri- yang memutuskan apakah dokumen itu layak dimuat atau tidak di situs mereka.

Sepak Terjang Wikileaks

Begitu para media baik lokal maupun international menyebutkan bahwa organisasi wikileaks mempunyai lebih dari 250ribu dokumen rahasia Amerika Serikat yang dikirimkan oleh kantor-kantor duta besarnya diberbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Berkat ilmu dan pengetahuan yang dimiliki oleh Julian Assange Wikileaks pun menggemparkan dunia. China geger karena ketahuan ada bisik-bisik khusus dengan AS mengenai Korea Utara, Arab Saudi ketahuan belangnya dikarenakan memprovokasi AS untuk segara menyerang Iran, dan banyak lagi.

Indonesia pun turut kena, kabarnya Julian Assange akan membongkar 2500 dokumen rahasia yang dikirimkan Kedubes AS di Indonesia ke AS dari tahun 1990 - 1999, kabarnya menyangkut masalah Timur Leste, Jatuhnya Pemerintahan Soekarno ke Soeharto, isu terorisme, krisis moneter di Asia Tenggara tahun 1998 dan masih banyak lagi.

Ada sebab pasti ada akibat. Disebabkan karenan membongkar dokumen-dokumen rahasia AS, organisasi yang berdiri di Swedia ini pun jadi bulan-bulanan Interpol berbagai negara. Sang direktur Julian Assange ditetapkan menjadi Buronan International walaupun begitu bukan berarti semua negara memusuhinya, Ekuador misalnya menyatakan siap memberikan perlindungan bagi Julian Assange.

Sebagian Dokumen Tentang Indonesia yang Dibocorkan Wikileaks

Wikileaks memiliki sebanyak 3.059 dokumen rahasia Amerika Serikat yang terkait Indonesia. Dokumen itu merupakan semacam laporan diplomatik yang dikirim dari Kedubes AS di Jakarta dan Konjen AS di Surabaya. Situs Wikileaks berjanji akan mempublikasi dokumen itu secara bertahap.

Dan ternyata Wikileaks mulai menepati janjinya. Tiga buah dokumen mengenai Indonesia sudah dirilis. Dokumen itu dibuat dalam bentuk Congressional Research Service (CSR), lembaga think tank Kongres AS. Dokumen CRS ini biasanya menjadi dasar bagi Senat dan DPR AS dalam mengambil kebijakan. Berikut isi dokumen tersebut:

1. Masalah Timor Timur


CRS Report RS20332
East Timor Crisis: US Policy and Options
5 November 1999

*Pemerintahan Bill Clinton menekan RI agar menerima kehadiran pasukan perdamaian internasional di Timor Timur usai jajak pendapat 1999.

*Menghentikan kerja sama militer AS dan Indonesia dan mengancam sanksi lebih keras bila tak mau bekerja sama, mengendalikan milisi, dan memulangkan 200 ribu pengungsi Timor Timur.

*Mendukung keputusan IMF dan Bank Dunia menghentikan bantuan mereka untuk Indonesia.

* Bantuan yang dihapus untuk tahun 2000 antara lain bantuan ekonomi 75 juta dolar AS, Economic Support Funds 5 juta dolar AS dan IMET 400 ribu dolar

2. Tentang Pemilu 2004


CRS Report RS21874 Analyst in Southeast and South
Asian Affairs 20 Mei 2005

*SBY disebut the thinking general

*Bila Wiranto jadi presiden, hubungan RI dan AS akan sangat rumit karena Kongres AS menaruh perhatian besar pada isu pelanggaran HAM di Timor Timur.

*Suksesnya Pemilu 2004 meneguhkan dominasi partai sekuler, yaitu Golkar, PDIP, dan Partai Demokrat.

3. Pelatihan Kopassus


Dokumen Joint Combined Exchange Training (JCET) and Human Rights Background and Issues for Congress
26 Januari 1999

*Sejak 1992, Kongres AS memutus program Pelatihan dan Pendidikan Militer In ternasional (IMET) untuk Indonesia setelah tragedi Santa Cruz.

* Namun, di bawah program JCET Dephan yang di setujui oleh Deplu, pasukan Baret Hijau AS melatih 60 anggota pasukan khusus TNI di Indonesia yang sebagian besar Kopassus. JCET berdalih pelatihan murni militer meskipun kurikulum latihan perang kota berjudul ‘crowd control’.

*April 1998, anggota Kongres AS menyurati Menteri Pertahanan Cohen Evans yang menyebut program JCET mengakali larangan Kongres. JCET dihentikan 8 Mei 1998.

Sumber: WikiLeaks, Congressional Research Service, Republika


Kesimpulan

Berdasarkan tujuan dari WikiLeaks yang menyatakan bahwa "Minat utama adalah untuk mengungkap rezim yang menindas di kawasan Asia, blok Soviet, Sub-Sahara Afrika, dan Timur Tengah. Dan kami juga mengharapkan bisa membantu orang-orang dari semua daerah yang ingin mengungkapkan perilaku tidak etis dari pemerintah atau perusahaan yang menindas mereka" dapat disimpulkan bahwa sebenarnya Wikileaks memiliki tujuan yang mulia, yaitu untuk mengungkap segala penindasan yang ada di dunia. Tetapi tetap banyak pro dan kontra mengenai Wikileaks.

Bagi mereka yang pro terhadap Wikileaks, contohnya negara Ekuador, mungkin berpendapat bahwa Wikileaks seharusnya diberi perlindungan hukum karena bertindak dan berada di jalan yang benar. Penindasan, penjajahan era baru, konspirasi, dan hal-hal busuk lainnya di dunia ini harus diungkap dan diberantas.

Sedangkan bagi mereka yang kontra terhadap Wikileaks mungkin berpendapat bahwa berita-berita atau dokumen-dokumen yang dibocorkan oleh Wikileaks berpotensi untuk mengacaukan perdamaian dunia dan stabilitas nasional dari suatu negara. Mereka mungkin berpendapat bahwa seharusnya berita-berita yang dibocorkan tersebut tidak dipublikasikan, karena belum tentu semua berita atau dokumen yang dibocorkan oleh Wikileaks dapat dipercaya kebenarannya.

Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/WikiLeaks
http://eksplore.blogspot.com/2010/12/apa-itu-wikileaks-trending.html
http://wawanwae.blogspot.com/2010/12/apa-itu-wikileaks-heboh-wikileaks.html
http://uniqpost.com/11254/inilah-sebagian-dokumen-tentang-indonesia-yang-dibocorkan-wikileaks/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar