Senin, 30 Mei 2011

Situs Pemerintah Provinsi Riau



Situs pemerintah Provinsi Riau http://www.riau.go.id/ menurut saya merupakan salah satu situs pemerintah yang konten dan isinya cukup lengkap. Dimulai dari profil Provinsi Riau yang isinya membahas tentang sejarah, lambang-lambang daerah, serta visi dan misi dari Provinsi Riau itu sendiri. Kemudian terdapat data-data umum mengenai Provinsi Riau seperti letak geografi, topografi, peta pulau-pulau yang terdapat di Riau, serta lahan dan iklim di Provinsi Riau. Selain itu juga terdapat informasi mengenai organisasi pemerintahan di Provinsi Riau, diantaranya di bidang eksekutif, legislatif, aparatur, organisasi pemprov, dan organisasi kabupaten / kota. Juga terdapat rincian mengenai infrastruktur ekonomi Provinsi Riau, mengenai sosial dan budaya Provinsi Riau, polhukam, dan yang terakhir indag & investasi di Provinsi Riau. Tidak lupa juga bahwa di situs tersebut terdapat kontak, alamat email, dan forum sebagai media komunikasi antara Pemerintah Provinsi Riau dengan masyarakat.



Pada tampilan muka situs terdapat index berita tentang Provinsi Riau, dilihat dari timeline-nya index berita tersebut cukup up to date. Namun berita-berita tersebut tidak disortir menjadi beberapa kategori, sehingga berita-berita tersebut dicampur dan agak membingungkan bagi masyarakat yang ingin membaca berita mengenai satu kategori saja.



Selain index berita, sepertinya Provinsi Riau sedang melakukan promosi mengenai PON XVIII yang rencananya pada tahun 2012 akan diadakan di Riau, ini terlihat dari adanya banner mengenai promosi tersebut.



Yang menyita perhatian saya pada tampilan muka situs pemerintah Provinsi Riau ini adalah terdapatnya Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat. Menurut saya ini merupakan informasi yang bagus bagi masyarakat Provinsi Riau. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah informasi ini memang seharusnya dicantumkan pada situs pemerintah Provinsi Riau? Dengan pertimbangan bahwa masyarakat "mungkin" tidak membuka situs pemerintah Provinsi Riau untuk mengetahui informasi mengenai Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat tersebut. Sebaiknya informasi mengenai Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat tersebut disebarluaskan melalui media cetak seperti koran harian, agar masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan informasinya.



Pada bagian akhir situs dicantumkan link situs organisasi pemerintah Provinsi Riau, seperti dinas-dinas, sekretariat daerah, rumah sakit, Korpri, dan sebagainya. Ini mempermudah masyarakat dalam pencarian informasi. Dan yang menarik terdapat juga informasi mengenai tempat-tempat wisata yang ada di Provinsi Riau. Seperti info travel, info rumah makan, info hotel, dan info-info mengenai daerah wisata yang terdapat di Provinsi Riau.



Kesimpulan yang dapat diambil adalah situs pemerintah Provinsi Riau merupakan situs dengan isi dan konten yang cukup lengkaps serta dapat ditampilkan menggunakan dua versi bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Namun yang menjadi kekurangan adalah situs ini ditampilkan kurang rapi. Serta forum yang saat ini tidak bisa diakses, padahal forum merupakan salah satu sarana diskusi antara masyarakat dengan pemerintah.

2 komentar:

  1. Situs resmi instansi pemerintah menggunakan domain (.go.id)...yang merupakan singkatan dari goverment = pemerintah, id = indonesia. BERHENTILAH MENGAKU WEBSITE RESMI PEMERINTAHAH PROVINSI RIAU!!!!

    BalasHapus
  2. Kok gak bisa dibuka secara full ya.....

    BalasHapus